blog-image
Adventure Travel

Perjalanan Panjang ke India Utara (part 2)

Cuma sedikit mau ulas dari postingan gue yang sebelumnya; Untuk sampai ditempat ini, ada aja kendalanya! Mulai dari ketinggalan pesawat sampai salah beli tiket pesawat! Tapi pada akhirnya kita berdua sampai juga disini.

Delhi - Leh

Ini bakal jadi kedua kalinya gue ke Leh, tapi kali ini gue lebih excited! why? karena drama perjalanan kali ini sungguh luar biasa ujiannya! HAHAHA. Btw, kita terbang dari Delhi, dan penerbangan dari Delhi ke Leh itu sekitar 1.5 – 2 jam. Penerbangan dari Delhi ke Leh itu adalah salah satu penerbangan yang paling epic! Tapi, penerbangan dari Leh ke Delhi enggak se-epic itu. Tapi tetep aja, terbang ke daerah seperti ini, kalian mesti banget beli tiket window seat! Pemandangannya super bagus banget. Dari pegunungan pasir berbatuan sampai pegunungan salju dan es.

Tingkat suhu udara otomatis pindah dari sejuk-lembapnya Delhi sampai angin dingin segarnya Leh. Airportnya Leh itu dikelilingin pegunungan dan itu enggak kepikiran lagi bagusnya, tapi kayak yang lainnya. DI Airport ini enggak boleh foto-foto HUFFF! Gue kan udah pernah ke Leh sebelumnya dan gue udah tau penginapan mana yang gue mau selama gue stay di Leh, jadinya dari airport kita pakai jasa taksi prabayar bukan argo-meter karena enggak ada lagi transportasi lain kayak bajaj yang selalu ada di India bagian selatan soalnya disini dingin. Harga ke penginapan sekitar INR 250, dan orangnya baik banget karena dia nungguin kita sampai orang penginapannya ada. Kita berdua sempet bingung kok sepi banget yaaa?

Kenapa Leh Sepi Banget Ya?

Waktu gue kesini setahun yang lalu tepat di bulan November tanggal-tanggal sekarang ini, Leh tuh lebih rame dari ini dan banyak banget pendaki-pendaki gunung dari mana-mana. Toko-toko semuanya buka, banyak penginapan penuh sama turis dan terlebih lagi… Makanan disini beraneka ragam banget. Sumpah ya, banyak banget makanan-makanan western gitu. Gue lebih berpikir daerah di Ladakh ini lebih siap untuk pariwisata dibandingin sama Delhi sekitar yang nyari makanan luar sesusah itu.

Terus kenapa pengalaman November gue tahun lalu bisa se-contrast itu ya? Apa karena ada Kevin si pembawa drama India? Waktu kita sampai dipenginapan tempat gue nginep setahun yang lalu, yang namanya Zaltak Guesthouse, itu juga sepinya banget. Kita manggil-manggil si Ama (panggilan untuk ‘ibu’ didaerah sini) dari penginapan Zaltak Guesthouse dan akhirnya dia keluar juga. Gue spontan nanya ke si Ama kenapa enggak ada orang dan kenapa Leh sepi banget. Terus si Ama bilang kalo sekarang ini udah masuk musim dingin. Di musim dingin, kebanyakan orang-orang di Leh pergi kedaerah lebih rendah untuk kerja dibidang lain. Banyak tempat-tempat yang tutup juga didaerah ini jadinya pariwisata kurang mendukung. Kebanyakan orang-orang yang dating kesinipun kan kebanyakan pendaki-pendaki gunung. Di musim dingin, cuaca kurang menentu dan akhirnya pendakian di gunung pun harus ditutup.

Akhirnya, si Ama ngasih kita kamar dan kita janjinya cuma semalam aja supaya enggak ganggu si Ama (walaupun akhirnya, gue sama si Kevin tinggal disini lebih dari semalam). Setelah kita selesai un-packing, seperti biasa gue sama Kevin mau langsung buru-buru jalan-jalan dan ngeliat apa aja yang ada di kota. Gue udah kayak nge-guide Kevin tapi gue juga lupa-lupa inget LOL! Sayangnya sama si Ama, kita enggak boleh langsung main keluar karena kita harus istirahat dulu. Perpindahan dari Delhi ke Leh itu lumayan drastis. Dari mulai cuaca sampai ketinggian tempat juga berubah. Delhi tuh cuma sekitar 200 meteran diatas permukaan laut (MDPL), sementara Leh sendiri itu di 3500mdpl. 176m lagi kita udah ada di puncak gunung Semeru. Diatas puncak gunung Semeru itu kita aja enggak bisa lebih dari 2 jam-an kan. Ini di 3500mdpl, kita mesti hidup setiap hari.

Jadi kata si Ama, aklimatisasi itu penting banget. Kita dikasih tau supaya tidur dulu dan banyak-banyak minum air putih. Tapi emang dasar kita berdua bandel jadi kita enggak ngelakuin yang Ama bilang. Gue sendiri, di hari-hari awal enggak terlalu terasa sama efek sampingnya. Yang paling terasa banget itu si Kevin. Soalnya dia nge-rokok sih, jadinya nafasnya dia ngos-ngosan banget kayak orang bengek! Udah gitu dia sempet kena pusing juga. Jangan nge-rokok makanya!

Saatnya Kita Lihat Sekitar!

Akhirnya kita cabut dari guesthouse dan jalan ke Leh Main Bazaar. Tempatnya sendiri enggak begitu jauh sama guesthouse kita, sekitar 15 menitan jalan kaki. Waktu kita jalan, kita sempet disapa sama anak-anak tetangga yang lucunya enggak ketolongan. Pipi mereka semuanya merah karena kebakar matahari tapi kalo kita berdua bukannya pipi makin merah malah muka makin ireng. Sampai di bazaar, hampir semuanya pada tutup!

Gue langsung ketempat di mana gue dulu nyewa motor, tapi sayangnya orang yang gue kenal udah enggak kerja lagi disitu dan mereka enggak punya scooty (cara mereka nyebut scooter). Adanya motor besar dan si Kevin enggak bisa bawa motor kopling! Akhirnya kita cuma muter-muter dan foto-foto disepanjang jalan balik menuju kedepan bazaar sampai kita kelaperan dan mau ketempat langganan gue tahun lalu juga tutup. Kita nemu tempat makan kecil dan kita masuk kesana karena kita lihat ada beberapa orang bule makan disitu. Ternyata penjualnya ibu-ibu ramah banget, murah senyum dan suaranya itu lucu! Kita pesen beberapa makanan disini. Gue mesen mie kuah, Kevin mesen nasi goreng dan roti naan. Semuanya enak! Apalagi naannya. Nasi gorengnya ngalahin nasi goreng yang gue kira paling enak di India (which is di Jaisalmer).

Seperti biasa, gue selalu "curhat" masalah gue ke warga lokal karena mereka itu selalu tau solusi. Mulai dari keluarga sampe tetangga yang mereka punya pasti bisa ngasih solusi. Nah masalah gue kan mau nyari scooty, terus kata si ibu lucu, tetangga tokonya dia itu tempat agensi tur gitu. Terus mereka bisa ngasih kita scooty. Karena kita nyewanya lama jadinya kita bisa dikasih diskon. Pokoknya kalo di India itu kalian harus rajin-rajin nawar deh. Di toko agensi tur ini, gue juga numpang wifi-an. Gue lupa cerita ke kalian kalo didaerah India utara itu kartu sim yang kita beli di India selatan enggak bisa dipakai. Jadinya kita harus pinter-pinter cari tempat untuk wifi-an.

Selama gue wifi-an, gue kepikiran untuk ngambil trip dari agensi ini dan mereka punya macem-macem tur. Gue coba nanya ke mereka kalo mereka punya jasa pemandu gunung apa enggak tapi sayangnya mereka bilang kalo gunung-gunung udah ditutup karena musim dingin. Jadinya, gue sama Kevin ngambil trip 2 hari 1 malam ketempat-tempat yang bagus gus gus banget. Tur kita mulai kebesokannya, jadi kita tetep nyewa scooty untuk setengah hari.

Santai di Atas Leh

Setelah dapet scooty yang udah kita cari-cari, akhirnya kita dapet juga! Tapi ada kondisi yang bikin deg-deg-an, soalnya scootynya susah untuk distarter karena saking dinginnya jadi mesinnya ikutan dingin dan mesti dipanasin banget dulu. Waktu pertama kali dipake, setiap lepas gas sedikit motornya sering mati. Untungnya abis itu si Kevin tau caranya jadinya kalo motornya mati langsung bisa distarter lagi.

Waktu udah menunjukkan jam 4 sore. Kita juga enggak bisa jauh-jauh kan, jadinya gue mutusin untuk pergi ke Leh Palace. Leh Palace itu lumayan deket dari pusat kota. Naik scooty cuma sekitar 10-15 menitan juga udah sampai, kalo jalan mungkin bisa sampe 45 menitan kali ya. Soalnya kita juga liat beberapa turis jalan dan ngelewati jalan pintas jadinya bisa agak cepet juga. Sampai di Leh Palace, agak kurang rasanya karena matahari terbenamnya tertutup sama si palace itu. Terus pas banget ada 1 turis gitu naik ke atas bukit dibelakang palace. Terus kita ikutin jejaknya si turis ini yang ngambil jalan pintas naik keatas bukit. Udah kayak manjat tebing sumpah!

Naiknya enggak begitu lama, cuma sekitar 10 menitan! Tapi gue enggak nyaranin kalian untuk ngikutin cara gue karna enggak penting banget hahaha, ada jalan lain yang lebih aman kok. Enggak lama, si turis turun lagi kan (gue agak greget sih, soalnya dia enggak nunggu sunset juga), gue sama si Kevin tetep tinggal diatas. Pemandangannya bener-bener bikin hati gue sejuk, apalagi setelah betapa susahnya perjalanan kita ke Leh. Matahari udah mulai terbenam dan warna langit semakin kacau! Tapi enggak langsung bikin langit gelap karena mataharinya sebenernya masih ada, cuma dia udah ketutup duluan sama si pegunungan yang ngelilingin kota Leh.

Setelah sunset-an, gue sama Kevin turun kebawah lewat jalan yang lebih aman dan lebih landai (enggak nukik kayak tadi). Kita balikin motor dan janjian sama orang agensinya kalo mobil untuk besok udah ada. Orang agensinya bilang kalo besok kita juga ada barengan 2 orang anak muda India jadinya bisa bayar lebih murah. Wah, enak banget kan ya bisa lebih murah tapi ya semoga orangnya enggak rese aja sih. Setelah itu kita jalan kaki pulang ke guesthouse dan gue inget banget ngomong gini ke Kevin “Kok perjalanan pulang jadi lebih lama ya?”. Sampai di guesthouse, kita kerasa banget kalo seharusnya kita beli makanan dan minuman dulu. Kita mau tidur juga susah, lagi-lagi apalagi Kevin yang nafasnya kesusahan. Eventually, kita bisa tidur. Akhirnya…

Taksi Trip Hari Pertama

Jam 06.30 kita bangun dan siap-siapin semuanya. Kita udah janjian didepan toko tur agensinya jam 08.00. Si Ama juga udah siapin sarapan untuk kita sebelum kita berangkat. Jam 07.45 kita berangkat dari guesthouse dan kita sampai didepan toko agensi jam 08.00 sesuai janji. Tapi enggak ada siapa-siapa dong! Kita sampai ngira kalo kita dibohongin. Tapi enggak mungkin banget juga soalnya tokonya bener-bener didepan Leh Main Bazaar dan kayaknya se-terjamin itu. Setelah 15 menitan nunggu, akhirnya 2 orang anak muda India itu dateng juga dan mereka bilang kalo mereka suka foto juga. UNTUNG BANGET! Abis itu enggak lama kemudian, si taksi datang.

Setelah ngobrol-ngobrol sama semuanya, gue dan Kevin bisa ngerasain banget kalo mereka orang-orang yang enak banget untuk diajak ngobrol dan senyambung itu juga. Nama mereka itu Ankit sama Abhisek. Si Ankit itu orangnya lucu kocak banget dan kadang suka songong gitu celotehannya (kayaknya dia India tajir gitu deh), sementara si Abhisek orangnya lebih kalem banget. Gila fotonya mereka berdua lebih dari si Kevin dong. Setiap jalan selalu gue denger suara-suara shutternya kamera mereka.

Pak supir yang sumpah gue lupa banget namanya, kita anggap aja Andrew. Akhirnya Andrew berhentiin mobilnya dispot pertama. Karena udah dibilangin sama si Ankit kalo trip ini untuk foto-foto jadinya dia suka berhenti ditempat-tempat keren gitu. Di spot ini ada jalanan panjang yang viewnya berujung sama pegunungan dari kejauhan. Kita berhenti sekitar 15 menitan disini jadi udah puas banget ngambil foto sama footage videonya. Selanjutnya kita mesti jalan ke salah satu destinasi utama yaitu Khardung La Pass. Khardung La Pass ini dinobatkan sebagai The Highest Motorable Pass in the World tapi ternyata, setelah gue check ulang… Menurut website devilonwheels.com, Khardung La Pass itu ada diurutan ke 11 dari 13 jalanan yang dapat dilintasi kendaraan bermotor didunia. Semua jalanan di list website itu ada di India dan yang pertama namanya Umling La Pass diketinggian 5883mdpl. Sementara, Khardung La Pass itu ada diketinggian 5359mdpl.

Pas kita sudah sampai di Khardung La Pass (dalam posisi, kita semua masih nganggep klo tempat ini masih the highest motorable pass ya) dan kita langsung loncat dari mobil. Si Ankit sama si Abhisek itu ceritanya mereka belum pernah ngelihat salju. Jadi pas mereka lihat salju, mereka juga langsung ikutan loncat dari mobil. Walaupun gue udah pernah ketempat ini sebelumnya, tapi cuaca hari itu mendung dan beda banget sama yang sekarang gue datengin. Gue pun langsung foto-foto di tanda Khardung La Pass bareng Kevin. Yang bikin makin fotojenik itu tuh praying flags yang banyaknya bukan main dan mereka semua warnanya macem-macem (jadi pengen beli terus majang di kost-an). Abis puas foto-foto ditanda Khardung La Pass dan praying flagsnya, eh ada tanda lucu lagi! Kalo tadi ada tanda the highest motorable pass in the world, nah sekarang gue liat ada tanda The Highest Café in the World! Foto lagi ahh!

Setelah puas banget dingin-dinginan di Khardung La Pass, kita lanjut jalan lagi menuju Nubra Valley. Nah, lembah ini tuh juga salah satu gong-nya perjalanan kali ini dikarenakan gue enggak kesampaian kesana dulu. Tapi, baru banget juga jalan, eh kita ketemu lagi sama salju-salju dan si Ankit sama Abhisek loncat lagi dong dari mobil HAHAHA. Beneran udah kayak bocah-bocah deh mereka, tanpa panjang lebar gue juga ikutan sih hahahaha! Jangankan gue, si Andrew aja juga ikutan! Cuma Kevin doang yang enggak ikutan karena dia sibuk ngambil video dan foto-foto. Lanjut lagi deh perjalanan kita dengan diikutin sama gunung-gunung yang ganteng-ganteng banget, sampai akhirnya si Andrew melanin mobilnya dan berhenti ditempat pemberhentian. Kata si Andrew, disini surat izin kita akan diperiksa sama otoritas militer setempat. Karena kita juga pada kelaperan, jadinya kita berhenti lumayan lama disini. Mungkin sekitar1 jam kali ya. Abis santai makan-makan, kita juga keliling sekitar. Belakang tempat kita makan tuh pegunungan da nada beberapa tempat yang ada rumputnya. Terus banyak yak disini! Ada juga aliran sungai kecil yang udah beku!

Andrew manggil kita semua untuk balik ke mobil dan melanjutkan perjalanan. Kali ini kita beneran akan ke Nubra Valley sampai akhirnya Andrew bilang kalo dia bakalan stop di 1 tempat yang bagus banget sebelum ke Nubra. Ternyata, tempat yang dia maksud itu adalah biara yang super gede diatas gunung. Pemandangan disini otomatis super kece banget!

Nah, setelah dari biara yang gue enggak tau namanya, kita balik lagi ke jalan dan enggak lama kemudian sampai di Nubra Valley. Agak aneh rasanya ngeliat ada area berpasir kayak di padang gurun ditengah-tengah pegunungan. Dan yang lebih anehnya lagi, gue kira unta-unta di lembah ini tuh sengaja dibawa dari tempat mereka yang sebenarnya kan. Sampai akhirnya gue lihat sendiri kalo unta-untanya gede-gede banget dan mereka bulunya lebat parah! Gimana coba cikal-bakal unta-unta ini bisa ada dipegunungan!? Disini juga, kita nikmatin matahari terbenam, tapi gue punya feeling kuat kalo disini itu lebih bagusnya sunrise-an. Sayangnya, gue enggak bisa kasih ide itu karna keesokan harinya kita mesti bangun pagi-pagi untuk ketempat yang lebih jauh lagi.

Sunset pun selesai dan kita harus cepet-cepet ke taksi karna temperaturnya langsung turun banget. Sumpah, menggigil! Terus kita pergi ke hotel kita (yang ternyata belum termasuk sama harga trip!). Untungnya di hotel ini ada air panasnya dan juga termasuk sama makanan yang banyak banget! Sampe enggak abis gue makannya. Abis makan-makan, kita ngobrol sebentar sama yang lain dan mutusin buat istirahat karena besoknya bakalan bisa lebih capek dari hari ini.