blog-image
Adventure Travel

Perjalanan Panjang ke India Utara (part 1)

 Drama Perjalanan Gue sama Kevin ke Leh, Ladakh

 “Oh wow! India lagi? Pulang kampung lo? Kenapa sih lo demen banget sama India?” Hahaha gue suka ngakak banget deh kalo udah ditanyain begituan sama temen-temen gue. Tapi, iya juga ya? Kenapa sih gue demen banget sama India, hmm… Well, gue harus jawab mulai darimana ya? India itu tempat yang paling nge gemesin yang pernah gue datengin! Saking gemesnya, gue selalu penasaran banget dan India itu kayak (urusan) yang enggak pernah selesai dan selalu menghantui (yaelah bahasanya), NGE-GENTAYANGIN gue mulu!

Mulai dari budaya mereka, infrastruktur mereka, hewan-hewan mereka yang berkeliaran kesana-kemari, bahasa mereka, apa yang mereka makan dan minum, ALAMNYA DONG! KELASSS! Super beda banget dari satu tempat ke tempat lainnya, sampe yang terakhir itu ORANG-ORANGNYA! Hahaha, orang-orangnya udah paling the best deh. Mereka itu yang paling nge"gemesin" diantara semuanya! Tapi gue mesti stop sampai disini ngomongin India secara generalnya. Karena disini gue mau banget berbagi sama kalian tentang kunjungan (KUNJUNGAN? EMANG GUE SIAPE?) keempat kali gue di Negara yang rasanya kayak planet lain ini.

Dari Jakarta – Kuala Lumpur – Kochi

Pasti kalian rada-rada bingung deh ngeliat judulnya dari Kuala Lumpur ke Kochi. Gue bakalan ceritain ke kalian tapi enggak sekarang, nanti berantakan bacanya.

Jadi gue mulai semuanya dari Jakarta. Dari sini gue ngambil flight ke Kuala Lumpur dan seharusnya abis itu gue flight lagi ke Delhi. Tapi, gue beli flightnya terpisah (alias ngeteng) biar lebih murah. Nah yang gue enggak kepikiran banget adalah, udah gue belinya terpisah, terus gue belinya dempet banget jamnya! Hahaha super dodol banget. Masa gue beli sampai di Kuala Lumpur jam 18.30 nih terus flight ke Delhinya jam 19.15. Udah gitu waktu di Jakarta, gue lupa selupa lupanya lupa banget untuk nge-print boarding pass gue.

Alhasil, gue ketinggalan pesawat dan itu rasanya enggak enak banget. Kita semua tau banget kalo ketinggalan pesawat, kita mesti beli on the spot dan on the spot itu mahalnya bukan main. Rasanya pengen nyerah aja dan keliling Kuala Lumpur tapi ENGGAK BISA! ENGGAK BOLEH CEPET MENYERAH! Jadi Kevin check tiket pesawat yang masih available untuk penerbangan malam dan akhirnya ada! Tapi bukan ke Delhi, mesti ke Kolkata! Duh males banget enggak sih mesti balik ke Kolkata (soalnya visit kita sebelumnya di Kolkata itu 90% ZONG!).

Yaudah, tapi seenggaknya dari Kolkata kita bisa langsung terbang lagi ke tempat kita selanjutnya kan dan lumayan enggak jauh jauh banget karena Kolkata itu disebelah timur India dan kita berdua harus ke bagian utaranya India.

 Kita udah beli tiket dan kita langsung jalan ke gate kita dan kita nunggu di sana. Pas di gate, kita ketawa-tawa tentang betapa bodohnya kita berdua bisa sampai ketinggalan pesawat. Kevin abis itu bilang “Kenapa sih sesuatu yang berhubungan sama India itu banyak banget cobaannya”. Gue udah ke India 2 kali sama Kevin dan emang ya enggak tau kenapa kita itu banyak banget cobaannya. Tapi yang gue heran, waktu gue ke India untuk kedua kalinya itu lumayan fine banget. Apa jangan-jangan Kevin bawa sial ya? HAHAHA.

Gue kaget banget waktu ngeliat muka Kevin yang pucet banget abis dia selesai muter-muter gate. Kata dia, “kita kayaknya salah gate soalnya tulisan destinasi penerbangannya itu bukan ke Kolkata tapi ke Kochi.” (WHAT? AGAIN? SALAH BELI APA GIMANA?) Tapi, setelah kita liat gatenya bener kayak yang ada di tiket dan nomor penerbangannya juga bener… BERARTI KITA YANG SALAH BELI GAK SIH!? Gue dan Kevin yakin banget kalo kita minta penerbangan ke Kolkata bukan ke Kochi! Sialan banget deh tuh emang orang di kounter Air Asia! Bener-bener deh! TERUS KOCHI DIMANA COBA!? MASIH DI INDIA KAN YA!? Untungnya abis Kevin nanya Kochi itu dimana, dan kita udah Google-Google, ternyata Kochi itu salah satu kota yang untungnya masih di India. Setelah kita Google Map dimana banget sih Kochi ini, ternyata kota ini di India bagian selatan banget dong! Lebih selatan daripada Goa yang udah di selatan. Sedih enggak sih mesti ke kota absurd yang kalian enggak pernah denger, udah gitu kalian tau kalo itu makin buat kalian jauh dari destinasi yang kalian pengen dan tiketnya pasti bakalan mahal. Maunya ke ujung utara eh kok malah ke selatan.

Si Kevin bilang “Yaudah lah enggak apa-apa, namanya juga traveling”. Jadi kita nekatin aja buat pergi ke Kochi-Kochi ini.

Pas kita nyampe Kochi… Ya ampun! AIRPORTNYA KEREN BANGET WOY! Gue sama Kevin sekaget itu karena kita kira ya kalo udah kota enggak jelas dan di India pasti bakalan seancur itu enggak sih? Udah gitu waktu kita masuk pesawat, isinya orang India semua. Enggak ada turisnya sama sekali. Alhamdulillah banget untungnya enggak! Pas kita tanya-tanya, ternyata terminal yang kita datengin itu baru banget jadinya. Sekitar 7-8 bulanan. Bener banget sih, soalnya setelah kita beli tiket ke Delhi (yang belinya on the spot juga!), kita mesti ke terminal lain dan itu enggak sebagus banget kayak di terminal yang kita datengin tadi. Well at least, kita bisa terbang ke Delhi! 

Akhirnya Sampai Delhi – Destinasi Impian 

Akhirnya sampai juga di Delhi ya ampun! Setelah perjalanan yang super random banget hahaha dan sekarang kita udah di checkpoint sebelum destinasi yang udah kita incar-incar. Tapi kayaknya, one day, gue akan balik lg ke Kochi sih. Jadi agak penasaran sama India selatan enggak sih?

Di Delhi, kita harus nunggu seharian banget sampai penerbangan kita yang selanjutnya. Nah, untuk yang enggak tau mau kemana kalo kalian mesti transit lama di Delhi… Kalian bisa ke terminal 3-nya Indira Gandhi International Airport. Di terminal 3 bagian keberangkatan, kalian jalan ke ujung kiri dan bakalan nemuin tempat pembelian tiket. Nah ditempat pembelian tiket ini ada ruang khusus lagi untuk orang-orang yang udah punya tiket tapi penerbangannya masih lama. Yeap! Enggak seperti di Indonesia yang bisa langsung masuk ke gedung airport, di airport Delhi kalo belum 4-3 jam sebelum waktu boarding jadinya enggak akan dibolehin masuk ke airportnya. Jadi di ruang tunggu ini kalian bisa charger semuanya dan bisa tiduran di sofa tidurnya (tapi rebutan banget, bahkan ada yang sampe reserve ke orang sebelumnya. Super ngakak!).

Diruang tunggu, gue ketemu sama Laura. Si Laura ini tuh mountain biker dan dia baru selesai turnamen selama 4 bulanan gitu di pegunungan India. Gue baru tau setelah dia minta gue buat nebak apa yang ada di dalam tas gedenya dia. Ternyata sepeda yang udah dicopot-copot loh! Ya ampun!

Setelah nunggu 12 jam-an, akhirnya gue dan Kevin bisa terbang juga ke destinasi yang kita udah pengenin banget dari awal. AKHIRNYA KITA KE LEH!